Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Praktik Mata Kuliah Pemberdayaan, Mahasiswa SA Jajal Anak Jalanan

  SA News — Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama (SA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Parepare menggelar aksi sosial bersama...

 


SA News— Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama (SA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Parepare menggelar aksi sosial bersama untuk anak jalanan Minggu (161/01/22). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Andi Makkasau Parepare dan berlanjut di Rumah Belajar Cinta Damai, sebuah komunitas yang bergerak pada bidang literasi di kota Parepare .

Aksi sosial ini diawali dengan mengajak para anak jalanan belajar membaca AL-quran. Para mahasiswa tidak hanya mengajarkan baca tulis, melainkan juga mendampingi para anak jalanan tersebut.

Koordinator kegiatan, Fitri mengungkapkan bahwa mereka hendak mengeksplorasi bagaimana masalah-masalah sosial yang meliputi anak termasuk kemampuan mengaji.

“Kegiatan dimulai dengan mengetes surah-surah pendek apa sajakah yang mereka hafal, lalu kami akan mengetes apakah penyebutannya sudah tepat atau masih kurang tepat, kalau kurang tepat kami mengajarkan penyebutan al-Qur'an yang tepat” ungkap Fitri.

Sulvinajayanti, selaku ketua prodi SA sekaligus pengampu mata kuliah praktik pemberdayaan masyarakat mengapresiasi langkah mahasiswa SA dalam kegiatan pendampingan masyarakat. Menurutnya, meski para mahasiswa belum sepenuhnya memberikan praktik pemberdayaan, tetapi paling tidak mahasiswa tau dan mampu mengorganisir komunitas masyarakat dan peka terhadap masalah-masalah sosial.

“Semoga aksi ini langkah awal untuk mengenal masalah-masalah sosial di ligkungan sosial, dan semakin banyak mahasiswa yang mampu berperan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat” harapnya.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa tengah melakukan praktik penugasan mata kuliah pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa didorong untuk praktik secara langsung di lapangan bagaimana mengorganisir dan memetakan masalah-masalah di masyarakat (mhy).

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

Tidak ada komentar