KURIKLUM MBKM-2022
KURIKULUM OBE 2024
![]() |
KURIKULUM OBE |
PROFIL LULUSAN
Kode PL |
Profil Lulusan (PL) |
Deskripsi |
Profesi |
PL-1 |
Analisis
Sosial Keagaman |
Sarjana
sosial yang mampu berkompetisi dan berkarakter dengan kemantapan akidah,
kematangan akhlak dan kemapanan profesi, yang memiliki IPTEKS dalam
pembangunan sosial berorientasi Lingkungan dengan Akulturasi Islam dan Budaya
Lokal. |
Sosiolog,
Birokrat, Konsultan Pemerintah Daerah bidang Sosial agama dan
Pemerhati/aktivis lingkungan |
PL-2 |
Asisten
Peneliti dan Perencana Sosial Keagamaan |
Sarjana
sosial yang mampu malaksanakan pengkajian dengan khazanah budaya nusantara
dalam serta berkepribadian baik, berpengetahuan bidang sosiologi agama sosial
berorientasi lingkungan yang mampu memetakan, merencanakan dan menjawab
munculnya beragam aliran dan gerakan sosial keagamaan serta madzhab pemikiran
keagamaan yang berkembang serta mampu menemukan solusi dari problematika yang
berkembang terkait dengan masalah sosial keagamaan dalam konteks kehidupan
masyarakat multikultural dan multi agama berdasarkan etika keislaman dan
budaya lokal. |
Peneliti
(Surveyor) dan Perencana sosial keagamaan |
PL-3 |
Pengembang
Kehidupan Keagamaan Sosial |
Sarjana
sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan bidang sosiologi agama sosial
berorientasi lingkungan dan mutakhir sebagai pengembang bidang sosial
keagamaan dengan cara mendialogkan Islam dalam kehidupan sosial
keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan dalam konteks keindonesiaan. |
Penyuluh
Lapangan bidang lingkungan-sosial keagamaan, Pendamping Pemberdayaan
Masyarakat |
CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM OBE
Tabel Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Sosiologi Agama
Kode CPL |
Deskripsi
CPL |
CPL-1 |
Bertakwa
kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam
kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa; memiliki dasar-dasar ilmu
agama dan ilmu Islam (sebagai dasar untuk menjadi Analisis Sosial Keagaman;
Asisten Peneliti dan Perencana Sosial Keagamaan; dan Pengembang Kehidupan
Keagamaan Sosial di bidang sosiologi agama berorientasi pembangunan sosial
dan lingkungan. |
CPL-2 |
Mengambil
keputusan melalui kerjasama terhadap masalah agama, sosial dan lingkungan
melalui wawasan wawasan teori sosial, sosiologi terapan, sosiologi agama,
dan penyelesaian konflik dan menganalisis data secara profesional
baik lokal, nasional maupun global dalam konteks kemapuan sebagai Analisis
Sosial Keagaman; Asisten Peneliti dan Perencana Sosial Keagamaan; dan
Pengembang Kehidupan Keagamaan Sosial di bidang sosiologi agama berorientasi
pembangunan sosial dan lingkungan. |
CPL-3 |
Bertanggung
jawab, jujur, berakhlak mulia, komunikatif serta berwawasan bidang
pembangunan sosial dan perencanaan pembangunan berkelanjutan dalam kehidupan
masyarakat, bangsa dan negara. |
CPL-4 |
Menunjukkan
sikap leadership, dan responsibilitas melalui wawasan Ilmu Kesehatan dan Lingkungan
(Teori Sosiologi Kesehatan dan Lingkungan) atas masalah sosial-keagamaan,
lingkungan, budaya lokal secara argumentatif
di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada
kegiatan diseminasi dan seminar. |
CPL-5 |
Mengaktualisasikan
nilai-nilai keislaman yang Religius,
Moderat, Inovatif dan Unggul berdasarkan pendekatan Akulkturasi Islam dan
Budaya Lokal pada masyarakat multikulkural dan multi agama. |
CPL-6 |
Mengembangkan
pemikiran keagamaan yang inklusif, toleran, dan moderat dalam mengaplikasikan
akultrurasi islam dan budaya lokal pada sisem perencanaan dan pembangunan
kehidupan umat beragama dan hubungan antar umat beragama, budaya dan etnis
secara nasional, regional dan global. |
CPL-7 |
Memelihara
dan mengembangkan jaringan kerja sama dengan gagasan ilmiah secara lisan dan
tertulis menggunakan bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan bahasa Inggris yang
baik dan benar. (CPL-7) |
CPL-8 |
Memediasi
dan memfasilitasi dalam menyelesaikan konflik agama dan konflik antar pemeluk
agama secara baik dan tepat sesuai dengan prosedur dan regulasi yang berlaku
dalam masyarakat multikulkural dan multi agama dalam kehidupan social
keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan |
CPL-9 |
Menghargai
keanekaragaman budaya, ideology, pandangan, agama dan kepercayaan; yang
memiliki pengetahuan teori sosial, sosiologi agama guna menganalisis masalah
sosial, lingkungan, kegamaan dan budaya lokal; dan mampu menyusun deskripsi
saintiflk, hasil kajiannya dalam bentuk karya ilmiah; skripsi atau laporan
tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi dengan wawasan
metodologi penelitian; |
Tidak ada komentar