Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Postingan Populer

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

KURIKULUM

KURIKLUM MBKM-2022



Kurikulum MBKM





KURIKULUM OBE 2024


KURIKULUM OBE


PROFIL LULUSAN

Tabel: Profil Lulusan  dan Deskripsi

Kode PL

Profil Lulusan (PL)

Deskripsi

Profesi

PL-1

Analisis Sosial Keagaman

Sarjana sosial yang mampu berkompetisi dan berkarakter dengan kemantapan akidah, kematangan akhlak dan kemapanan profesi, yang memiliki IPTEKS dalam pembangunan sosial berorientasi Lingkungan dengan Akulturasi Islam dan Budaya Lokal.

Sosiolog, Birokrat, Konsultan Pemerintah Daerah bidang Sosial agama dan Pemerhati/aktivis lingkungan

PL-2

Asisten Peneliti dan Perencana Sosial Keagamaan

Sarjana sosial yang mampu malaksanakan pengkajian dengan khazanah budaya nusantara dalam serta berkepribadian baik, berpengetahuan bidang sosiologi agama sosial berorientasi lingkungan yang mampu memetakan, merencanakan dan menjawab munculnya beragam aliran dan gerakan sosial keagamaan serta madzhab pemikiran keagamaan yang berkembang serta mampu menemukan solusi dari problematika yang berkembang terkait dengan masalah sosial keagamaan dalam konteks kehidupan masyarakat multikultural dan multi agama berdasarkan etika keislaman dan budaya lokal.

Peneliti (Surveyor) dan Perencana sosial keagamaan

PL-3

Pengembang Kehidupan Keagamaan Sosial

Sarjana sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan bidang sosiologi agama sosial berorientasi lingkungan dan mutakhir sebagai pengembang bidang sosial keagamaan  dengan cara mendialogkan Islam dalam kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan dalam konteks keindonesiaan.

Penyuluh Lapangan bidang lingkungan-sosial keagamaan, Pendamping Pemberdayaan Masyarakat


CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM OBE







Tabel Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Sosiologi Agama

Kode CPL

Deskripsi CPL

CPL-1

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa; memiliki dasar-dasar ilmu agama dan ilmu Islam (sebagai dasar untuk menjadi Analisis Sosial Keagaman; Asisten Peneliti dan Perencana Sosial Keagamaan; dan Pengembang Kehidupan Keagamaan Sosial di bidang sosiologi agama berorientasi pembangunan sosial dan lingkungan.

CPL-2

Mengambil keputusan melalui kerjasama terhadap masalah agama, sosial dan lingkungan melalui wawasan wawasan teori sosial, sosiologi terapan, sosiologi agama, dan  penyelesaian konflik  dan menganalisis data secara profesional baik lokal, nasional maupun global dalam konteks kemapuan sebagai Analisis Sosial Keagaman; Asisten Peneliti dan Perencana Sosial Keagamaan; dan Pengembang Kehidupan Keagamaan Sosial di bidang sosiologi agama berorientasi pembangunan sosial dan lingkungan.

CPL-3

Bertanggung jawab, jujur, berakhlak mulia, komunikatif serta berwawasan bidang pembangunan sosial dan perencanaan pembangunan berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

CPL-4

Menunjukkan sikap leadership, dan responsibilitas melalui wawasan Ilmu Kesehatan dan Lingkungan (Teori Sosiologi Kesehatan dan Lingkungan) atas masalah sosial-keagamaan, lingkungan, budaya lokal secara argumentatif  di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada kegiatan diseminasi dan seminar.

CPL-5

Mengaktualisasikan nilai-nilai keislaman yang  Religius, Moderat, Inovatif dan Unggul berdasarkan pendekatan Akulkturasi Islam dan Budaya Lokal pada masyarakat multikulkural dan multi agama.

CPL-6

Mengembangkan pemikiran keagamaan yang inklusif, toleran, dan moderat dalam mengaplikasikan akultrurasi islam dan budaya lokal pada sisem perencanaan dan pembangunan kehidupan umat beragama dan hubungan antar umat beragama, budaya dan etnis secara nasional, regional dan global.

CPL-7

Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dengan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis menggunakan bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan bahasa Inggris yang baik dan benar. (CPL-7)

CPL-8

Memediasi dan memfasilitasi dalam menyelesaikan konflik agama dan konflik antar pemeluk agama secara baik dan tepat sesuai dengan prosedur dan regulasi yang berlaku dalam masyarakat multikulkural dan multi agama dalam kehidupan social keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan

CPL-9

Menghargai keanekaragaman budaya, ideology, pandangan, agama dan kepercayaan; yang memiliki pengetahuan teori sosial, sosiologi agama guna menganalisis masalah sosial, lingkungan, kegamaan dan budaya lokal; dan mampu menyusun deskripsi saintiflk, hasil kajiannya dalam bentuk karya ilmiah; skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi dengan wawasan metodologi penelitian;


Download:

SK Penetapan Kurikulum
SKL Kementerian Agama
SKL Kementerian Agama Khusus Prodi Sosiologi Agama
CPL Prodi SA
Tabel Monitoring Kesesuaian Antara RPS Dengan Pelaksanaan Pembelajaran
- Instrumen Penilaian CP
- Pemetaan Kurikulum (Mata Kuliah Serumpun & Koordinator Mata Kuliah)
- Struktur Kurikulum
- Daftar CPL-CPMK
- Daftar Sebaran Mata Kuliah
- Survey CPL
- RPS


LAPORAN

2024: Laporan Penyusunan Kurikulum Prodi 
2022: Laporan Penyusunan Kurikulum FUAD


PEDOMAN

2020_SK PENETAPAN PEDOMAN PEMBELAJARAN DARING 

Tidak ada komentar