Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
Siklus PPEPP
PENETAPAN |
|
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan
Tinggi |
|
Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi
Nasional Indonesia |
|
Peraturan Menteri Riset. Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik
Indonesia Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pedoman Kerja Sama di Kementerian Riset,
Teknologi dan Pendidikan Tinggi |
|
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3
Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi |
|
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 tentang
Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 35 Tahun 2018 tentang Organisasi
dan Tata Keria IAIN Parepare. |
|
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 16 Tahun 2019 tentang
Statuta Institut Agama Islam Negeri Parepare |
|
Keputusan Rektor Institut Agama Islam Negeri Parepare Nomor 1331 Tahun
2022 Tentang Revisi Rencana Strategis Institut Agama Islam Negeri Parepare
Tahun 2020 - 2024 |
|
Surat Keputusan Rektor IAIN Parepare Nomor: 129 Tahun 2019 tentang
Pendirian Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam, Fakultas
Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada Institut
Agama Islam Negeri Parepare |
|
Keputusan Rektor IAIN Parepare tentang Penetapan Pedoman Peraturan
Akademik IAIN Parepare Tahun 2022 |
|
Keputusan Rektor IAIN Parepare Nomor 364 Tahun 2022 tentang Pedoman
Tata Kelola Pada IAIN Parepare |
|
Keputusan Rektor IAIN Parepare Nomor 674 Tahun 2021 tentang Penetapan
Dokumen Kebijakan Mutu IAIN Parepare |
|
Keputusan Rektor IAIN Parepare Nomor 675 Tahun 2021 tentang Penetapan
Dokumen Manual Mutu IAIN Parepare |
|
Keputusan Rektor IAIN Parepare Nomor 2109.1 Tahun 2023 tentang
Penetapan Revisi Dokumen Standar Mutu IAIN Parepare |
|
Keputusan Rektor IAIN Parepare IAIN Parepare Nomor 676 Tahun 2021
tentang Penetapan Dokumen Formulir Mutu IAIN Parepare |
|
Keputusan Rektor IAIN Parepare IAIN Parepare Nomor 677 Tahun 2021
tentang Penetapan Dokumen Standar Operasional Prosedure (SOP) IAIN Parepare |
|
Keputusan Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama
Islam Negeri Parepare Nomor B-969/ln.39/FUAD.03/PP.00.9/04/2023 tentang
Penetapan Rencana Strategis (RENSTRA) Fakultas Ushuluddin. Adab dan Dakwah
IAIN Parepare |
|
Keputusan Dekan FUAD IAIN Parepare Nomor 049 Tahun 2019 tentang Tata
Kelola FUAD IAIN Parepare |
|
Keputusan Dekan FUAD IAIN Parepare Nomor 516.1 Tahun 2023 tentang
Penetapan Rencana Operasional (RENOP) Program Studi (Prodi) pada Fakultas
Ushuluddin, Adab, dan Dakwah |
|
PELAKSANAAN |
|
Sistem Tata Pamong: |
|
i. Kelengkapan struktur organisasi dan keefektifan penyelenggaraan
organisasi di UPPS. |
|
1. Keputusan
Dekan Nomor: 409 tentang Penetapan Struktur Organisasi FUAD. |
|
2. Struktur
Organisasi IAIN Parepare |
|
3. Struktur
Organisasi Fakultas Ushuluddin Adab danDakwah |
|
4. SDM Program
Studi Sosiologi Agama |
|
5. SDM HMPS
Program Studi Sosiologi Agama |
|
ii. Perwujudan good governance dan pemenuhan lima pilar |
|
a. Kredibilitas (Kepercayaan atau Kehandalan) |
|
1. Pemilihan
pimpinan sesuai dengan peraturan Menteri Agama. (Pedoman Statuta) |
|
2. Ketua Prodi
diangkat dan diberhentikan oleh Rektor dalam rapat senat |
|
3. Prodi SA telah diakreditasi oleh lembaga BAN PT- Tahun 2020 |
|
4. Prodi SA
memiliki prestasi lulusan: |
|
Prestasi
Akademik |
|
Prestasi
Non-Akademik |
|
5. Prodi SA
memiliki kontribusi program studi pada masyarakat. |
|
Kontribusi di
Bidang Pendidikan |
|
Kontribusi di
Bidang Penelitian |
|
Kontribusi di
Bidang PkM |
|
6. Prodi SA
didukung oleh dosen dengan kualifikasi tinggi : |
|
Rekognisi Dosen |
|
Profil Dosen |
|
7. Kurikulum
dengan kebutuhan zaman, berbasis learning outcomes |
|
b. Transparansi (Keterbukaan Informasi dan Proses) |
|
1. Perekrutan
dosen dan tenaga pendidik dilaksanakan secara transparan |
|
Pedoman
Rekrutmen |
|
2. Transparansi
penggunaan sistem informasi akademik |
|
3. Penyediaan
informasi yang jelas tentang kurikulum, dll |
|
4. Pimpinan FUAD
IAIN Parepare Rapat Penyamaan Persepsi SSBOPT |
|
5. Penyebaran
Informasi |
|
c. Akuntabilitas |
|
1. Prodi SA
melaksanakan kegiatan berdasarkan Standar Operasional Prosudur |
|
2. Prodi SA
mengikuti audit kegiatan non akademik dan penggunaan anggaran |
|
3. Prodi SA
mengikuti AMI secara berkala |
|
d. Tanggung Jawab |
|
1. Adanya
laporan Capaian Kinerja Harian setiap bulan dan SKP |
|
2. Penyusunan
jadwal perkuliahan setiap semester |
|
3. Setiap Dosen
juga bertanggung jawab dalam menyusun dan melaporkan BKD |
|
e. Berkeadilan |
|
1. Setiap
mahasiswa mendapatkan pelayanan secara adil & baik. |
|
2. Mahasiswa
memiliki kesempatan yang sama untuk semua hal. |
|
3. Pimpinan mendorong
secara adil semua dosen untuk meningkatkan pendidikan. |
|
4. Dosen dan
tenaga kependidikan, diberikan kesempatan secara adil. |
|
5. Prinsip
keadilan di UPPS emberikan kesempatan yang sama kepada dosen. |
|
6. Proses
bimbingan skripsi, dan PPL Dosen sesuai dengan kompetensi masing-masing. |
|
Pembimbingan
Skripsi |
|
PPL |
|
7. Penunjukan
penguji pada ujian komprehensif, proposal, dan skripsi |
|
8. Terdapat
sistem reward dan punishment bagi sivitas akademik. |
|
Fuad Award |
|
Dokumen Reward
dan Punishment |
|
Kepemimpinan dan Kemampuan Manajerial: |
|
i. Komitmen pimpinan UPPS. |
|
Laporan Terdapat
di bagian Lampiran |
|
ii. Kapabilitas pimpinan UPPS |
|
a. Perencanaan (Planning) |
|
1. FUAD
merencanakan kegiatan akademik dengan baik dalam berbagai kegiatan. |
|
2. FUAD
merencanakan dan melaksanakan Penyusunan Program dan anggaran |
|
3. FUAD
merencanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat |
|
b. Pengorganisasian (Organizing) |
|
1. FUAD memiliki
pengorganisasian sesuai tugas dan fungsi jabatan |
|
2. FUAD memiliki
8 Program studi sebagai pelaksanakan operasional |
Lihat Dokumen |
c. Penempatan Personil (Staffing) |
|
1. FUAD memiliki
60 dosen dan 5 tenaga kependidikan. |
|
Data Penugasan |
|
2. Dosen
ditempatkan di homebase sesuai keilmuannya |
|
2022: Dosen
Homebase |
|
2025: Dosen
Homebase |
|
3. Dosen
memiliki tugas tamban sesuai kemampuan dan kapabiitasnya |
|
SK Jabatan di
LPM |
|
Data Penugasan |
|
Gugus Mutu |
|
Panitia |
|
d. Pelaksanaan |
|
1.FUAD dan Prodi
SA memiliki sejumlah kegiatan pendidikan |
|
2. FUAD dan
Prodi SA memiliki sejumlah kegiatan Penelitian |
|
3. FUAD dan
Prodi SA memiliki sejumlah kegiatan PkM |
|
4. FUAD dan
Prodi SA memiliki sejumlah kegiatan Penunjang |
|
e. Pengarahan (Leading) |
|
1. FUAD
melaksanakan berbagai kegiatan rapat untuk memberi pengerahan |
|
2. FUAD
melaksanakan Apel Pagi setiap Hari Senin untuk memberi pengearahan |
|
f. Pengawasan (Controlling) |
|
1.IAIN Parepare
mencanangkan zona intearitas |
|
2. UPPS
memonitor kegiatan pembelajaran dosen melalui SISFO kampus. |
|
3. UPPS melalui
GMF dan GMP melakukan pengawasan |
|
4. LPM IAIN
Parepare melaksanakan kegiatan AMI |
|
5. SPI IAIN
Parepare melaksanakan kegiatan audit bidang non-akademik |
|
6. Dosen
menyusun RPS sesuai dengan CPL pada kurikulum |
|
7. Pengawasan
pelaksanaan tri dharma oleh dosen dalam bentuk BKD |
|
8. Pengawasan
kinerja dosen dan tenaga kependidikan |
|
9. Evaluasi
proses pembelajaran oleh mahasiswa |
|
|
|
Kerjasama |
|
i. Mutu, manfaat, kepuasan dan keberlanjutan kerjasama |
|
ii. Realisasi lerjasama pendidikan, penelitian, dan PkM yang relevan
dengan PS dan dikelola oleh UPPS. |
|
1. Tabel
Realisasi Kerja Sama Bidang Pendidikan |
|
|
|
2. Tabel
Realisasi Kerja Sama Bidang Penelitian |
|
|
|
3. Tabel
Realisasi Kerja Sama Bidang Pengabdian kepada Masyarakat |
|
|
|
iii. Realisasi kerjasama tingkat internasional, nasional, wilayah/lokal |
|
iv. Indikator kinerja tambahan: pelampauan Standar Nasional Pendidikan
Tinggi yang ditetapkan oleh UPPS pada tiap kriteria. Workshop / Pedoman IKU/IKT |
|
Buku Pedoman Pembelajaran MA’HAD AL JAMIAH |
|
Pedoman penulisan KTI |
|
SK Rektor 831 Tahun 2022 Penetapan dosen serumpun sesuai dengan
komptensi keilmuwan dosen. |
|
Website FUAD |
|
Website IAIN Parepare. |
|
SISFO |
|
Website layanan teknologi informasi berbasis Website dan aplikasi yang
mendukung tata kelola pada FUAD |
|
Kalender Akademik. |
|
Rancangan Zona Integritas |
|
EVALUASI |
|
v. Evaluasi capaian kinerja: analisis keberhasilan dan/atau
ketidakberhasilan pencapaian kinerja UPPS |
|
Dokumen Audit Mutu Internal (AMI) yang dilaksanakan oleh LPM setiap
akhir tahun. |
|
SK Rektor IAIN Parepare Nomor: 172 Tahun 2023 tentang Tim Gugus Mutu
Fakultas dan Program Studi pada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut
Agama |
|
Dokumen Evaluasi Renstra |
|
SK LPM Panitia Survey Kepusana Dosen,Tendik dan Mahasiswa |
|
PENENDALIAN |
|
vi. Penjaminan mutu: keterlaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal
(akademik dan non akademik) |
|
Laporan uji validitas dan realiabilitas Instrumen Survei |
|
Laporan AMI Prodi SA Tahun 2023 |
|
Rapat Koordinasi Singkronisasi Program |
|
vii. Kepuasan pemangku kepentingan: |
|
Laporan Survei Kepuasan Internal |
|
PENINGKATAN |
|
Laporan Benchmarking |
|
Pelatihan
Tata Kelola Pamong dalam Penyusunan dan Penilaian Standar Akreditasi
Perguruan Tinggi Kerjasama Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian Agama RI |
|
Penguatan
Sistem Tata Pamong dan Tata Kelolah |
|
Peningkatan
Mutu Akademik |
Tidak ada komentar