Sumber Daya Manusia
Kebijakan
|
Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional: |
|
|
Undang-undang Nomor
14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; |
|
|
Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional
Pendidikan Tinggi; |
|
|
Peraturan
Menteri Agama RI Nomor 16 Tahun 2019 tentang Statuta IAIN Pare pare; |
|
|
Peraturan
Menteri Agama RI Nomor 24 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri
Agama Nomor 35 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Keria IAIN Parepare; |
|
|
Keputusan
Menteri Agama RI Nomor 402 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengembangan Kompetensi
bagi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama melalui jalur pendidikan; |
|
|
Keputusan Rektor
IAIN Parepare Nomor 1331 Tahun 2022 tentang Revisi Rencana Strategis IAIN
Parepare tahun 2020-2024; |
|
|
Keputusan Rektor
IAIN Parepare tentang Pedoman Rekrutmen Dosen IAIN Parepare; |
|
|
Keputusan Rektor
IAIN Parepare Nomor 388 Tahun 2022 tentang Penetapan Dokumen Pedoman
Rekrutmen Dosen Luar Biasa dan PPNPN pada Lembaga Penjaminan Mutu IAIN
Parepare; |
|
|
Keputusan Rektor
IAIN Parepare Nomor 860 Tahun 2022 tentang Penetapan Pedoman Perencanaan
Sistem Seleksi, Perekrutan, Pengembangan, Retensi Pemberhentian Dosen dan
Tenaga Kependidikan para IAIN Parepare; Keputusan Rektor IAIN Parepare Nomor
452 Tahun 2019 tentang Pedoman Studi Lanjut bagi Dosen dan Tenaga
Kependidikan IAIN Parepare tahun 2019; |
Sistem Perekrutan
|
Dosen: Rekrutmen
dilakukan sesuai regulasi nasional (PermenPAN-RB, Kemenag, dan peraturan
rektor) melalui seleksi administrasi, tes akademik, wawancara, dan
microteaching. |
|
|
Tenaga
Kependidikan: Rekrutmen melalui seleksi administrasi, tes keterampilan, dan
wawancara. |
|
|
Ketekatan
Seleksi: Rasio pelamar : yang diterima untuk dosen adalah 1:8, untuk tendik
1:5. |
- |
Siklus PPEPP
|
PELAKSANAAN |
|
|
A. Profil
Dosen |
|
|
Kecukupan
jumlah dosen tetap (Homebase Dosen Pada Setiap Program Studi Dalam Lingkup
IAIN Parepare) |
|
|
Tabel
3.a.1) Dosen Tetap Perguruan Tinggi |
|
|
Data NIDN/NIDK |
|
|
Data Ijazah Dosen |
|
|
Data Ijazah Tendik |
|
|
Bidang Keahlian |
|
|
Kesesuaian dengan Kompetensi Inti PS |
|
|
Jabatan Akademik |
|
|
Sertifikat Pendidik Profesional |
|
|
Sertifikat
Kompetensi/ Profesi/ Industri (Serifikat
PKDP) |
Lihat Dokumen |
|
Mata Kuliah yang Diampu pada PS yang Diakreditasi (SK
Mengajar) |
Lihat Dokumen |
|
Kesesuaian Bidang Keahlian dengan Mata Kuliah yang Diampu
(SK Kepakaran) |
|
|
Mata Kuliah yang Diampu pada PS Lain (SK Mengajar) |
|
|
Data SKP |
Lihat Dokumen |
|
|
Lihat Dokumen |
|
Tabel 2.a
Seleksi Mahasiswa Baru |
|
|
Jumlah Mahasiswa Baru |
|
|
MABA 2024 |
|
|
MABA 2023 |
|
|
MABA 2022 |
|
|
MABA 2021 |
|
|
MABA 2020 |
|
|
|
|
|
Tabel
3.a.2) Dosen Pembimbing Utama Tugas Akhir |
Lihat Dokumen |
|
Kebutuhan
Dan Formasi Jabatan Fungsional/Akademik Dosen Asisten Ahli, Lektor, Lektor
Kepala Dan Guru Besar Institut Agama Islam Negeri Parepare Tahun 2024-2027 |
|
|
Ekuivalensi
Waktu Mengajar Penuh (EWMP) DT/DTPS pada kegiatan Pendidikan (pembelajaran
dan pembimbingan), penelitian, PkM, dan tugas tambahan dan/atau penunjang (Tabel
3.a.3 LKPS), |
|
|
Data BKD Semester Ganjil (2024) |
Lihat Dokumen |
|
Data BKD Semester Genap (2024) |
Lihat Dokumen |
|
SK Mengajar (Semester Ganjil dan Genap 2024) |
Lihat Dokumen |
|
Data Penelitian
(Semester Ganjil dan Genap 2024) |
Lihat Dokumen |
|
Data PkM (Semester
Ganjil dan Genap 2024) |
Lihat Dokumen |
|
Data Tugas Tambahan/Penunjang (Semester Ganjil dan Genap 2024) |
Lihat Dokumen |
|
Pengakuan/rekognisi
atas kepakaran/prestasi/kinerja DTPS (Tabel 3.b.1 LKPS). |
|
|
Data
Penelitian DTPS (Tabel 3.b.2 LKPS). |
|
|
Bukti Dukung Data Penelitian DTPS (Tabel 3.b.2 LKPS). |
|
|
Pengabdian
kepada Masyarakat DTPS (Tabel 3.b.3 LKPS). |
|
|
Bukti Dukung Pengabdian kepada Masyarakat DTPS (Tabel
3.b.3 LKPS). |
|
|
Publikasi
Ilmiah DTPS (Tabel 3.b.4) |
|
|
Bukti Dukung Publikasi Ilmiah DTPS (Tabel 3.b.4) |
|
|
Produk/Jasa
DTPS yang diadopsi oleh Industri/Masyarakat (Tabel 3.b.6 LKPS). |
|
|
Luaran
penelitian dan PkM lainnya (Tabel 3.b.7 ) |
|
|
|
|
|
Pengembangan
Dosen |
|
|
Peningkatan
kualitas pengajaran dan pembelajaran, meliputi Workshop Penyusunan Kurikulum
MBKM dan Workshop Penyusunan Kurikulum OBE. |
|
|
Peningkatan
Publikasi dan PKM, meliputi Pelatihan dan Workshop Penelitian dan Pengabdian
Dosen; Pendampingan dan Bantuan HKI dan Publikasi Buku; dan Bantuan
Penaembanaan Jurnal Program Studi. |
|
|
Kesejahteraan
Dosen, meliputi Sertifikasi Dosen; Pembentukan Tim Percepatan Kenaikan
Pangkat dan Guru Besar. |
|
|
Penguatan
dosen, meliputi Sosialisasi BKD setiap semester. |
|
|
Bantuan
Studi Lanjut S3 Doktor, meliputi pemberian beasiswa dan pelatihan bahasa
(TOEFL/IELTS) persiapan lanjut studi bagi dosen dan tendik. |
|
|
|
|
|
Data
Tendik |
|
|
EVALUASI |
|
|
Dokumen
SPMI |
|
|
Pedoman
Rekrutmen Dosen |
|
|
Pedoman
Penerapan Sistem Penugasan Dosen Berdasarkan Kebutuhan. Kualifikasi. Keahlian
Dan Pengalaman |
|
|
Podcast
Kajian Riset Ilmiah | Mahyuddin, M.A. | Wahyuddin Bakri I Humas IAIN Parepare (Publikasi) |
- |
|
Terima
Dana Hibah, Dosen IAIN Parepare Ini Terbang ke Korsel Ikuti Konferensi
Internasional (Luaran) |
|
|
Sistem
Reward serta Punishment. |
|
|
PENENDALIAN |
|
|
Laporan
Kepuasan Pengguna |
|
|
Survey
Kepuasan Dosen Mahasiswa Dan Tendik |
|
|
Instrumen
survey |
|
|
FUAD IAIN
Parepare Gelar Rapat Koordinasi, Bahas Kesiapan Hadapi RTL dan Akreditasi |
|
|
FUAD IAIN Parepare
Rapat Koordinasi Bahas Pemantauan Perkuliahan dan Akreditasi |
|
|
Dekan FUAD
Tegaskan Pentingnya Penyusunan Dokumen Akademik dalam Rapat Koordinasi |
|
|
Pimpinan
FUAD dan Para Ketua Rombel Berkomitmen Mengawal Perkuliahan dengan Baik |
|
|
Optimalkan
Kinerja: Rapat Koordinasi FUAD Tahun 2024 Tekankan Efisiensi dan Aksi Cepat |
|
|
Dekan Fuad
Pimpin Rapat Penyusunan Dokumen RTL |
|
|
Kegiatan
Survei: PPL FUAD Dilaksanakan di Empat Kabupaten |
|
|
PENINGKATAN |
|
|
Menambah
jumlah dosen tetap melalui rekrutmen sesuai kebutuhan |
Lihat Dokumen |
|
Optimalisasi
digitalisasi data dan profil dosen untuk meningkatkan aksesibilitas informasi |
Lihat Dokumen |
|
Perbaikan
pengelolaan dan pengembangan SDM. |
Lihat Dokumen |
|
Implementasi
reward and punishment untuk memotivasi dosen dalam pelaksanaan Tri Dharma
Perguruan Tinggi |
Lihat Dokumen |
|
Optimalkan
Kinerja: Rapat Koordinasi FUAD Tahun 2024 Tekankan Efisiensi dan Aksi Cepat |
|
|
Dukungan studi lanjut S3/kerjasama
institusional (Kerjama dengan Malaysia (Mahyuddin)) |
Mou |
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar