Keterlibatan Pemangku Kepentingan dalam Proses Pemutakhiran Kurikulum
Deskripsi:
- Keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses evaluasi dan pemutakhiran kurikulum.
- Kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan dan jenjang KKNI/SKKNI.
- Ketepatan struktur kurikulum dalam pembentukan capaian pembelajaran.
Dokumen:
Pemenuhan karakteristik proses pembelajaran
Deskripsi:
Pemenuhan karakteristik proses pembelajaran, yang terdiri atas sifat :
- Interaktif
- Holistik
- Integratif
- Saintifik
- Kontekstual
- Tematik
- Efektif
- kolaboratif
- Berpusat pada mahasiswa
Ketersediaan & Kedalaman RPS
Deskripsi:
- Ketersediaan dan kelengkapan dokumen rencana pembelajaran semester (RPS)
- Kedalaman dan keluasan RPS sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan.
Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran
Deskrpsi:
Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran mencakup karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan.
Dokumen:
Laporan monev pembelajaran
Pelaksanaan dan Penilaian Pembelajaran
Deskripsi:
A. Mutu pelaksanaan penilaian pembelajaran (proses dan hasil belajar mahasiswa) untuk mengukur ketercapaian capaian pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip penilaian yang dilakukan secara terintegrasi. 1) edukatif, 2) otentik, 3) objektif, 4) akuntabel, dan 5) transparan, yang dilakukan secara terintegrasi
B. Pelaksanaan penilaian terdiri atas teknik dan instrumen penilaian. Teknik penilaian terdiri dari: 1) observasi, 2) partisipasi, 3) unjuk kerja, 4) test tertulis, 5) test lisan, dan 6) angket. Instrumen penilaian terdiri dari: 1) penilaian proses dalam bentuk rubrik, dan/ atau; 2) penilaian hasil dalam bentuk portofolio, atau 3) karya disain.
C. Pelaksanaan penilaian memuat 7 unsur penilaian. 1) mempunyai kontrak rencana penilaian, 2) melaksanakan penilaian sesuai kontrak atau kesepakatan, 3) memberikan umpan balik dan memberi kesempatan untuk mempertanyakan hasil kepada mahasiswa, 4) mempunyai dokumentasi penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa 5) mempunyai prosedur yang mencakup tahap perencanaan, kegiatan pemberian tugas atau soal, observasi kinerja, pengembalian hasil observasi, dan pemberian nilai akhir, 6) pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah dalam bentuk huruf dan angka, 7) mempunyai bukti-bukti rencana dan telah melakukan proses perbaikan berdasar hasil monev penilaian.
Dokumen:
- Pedoman Penetapan Strategi, Metode dan Media Pembelajaran, Serta Penilaian Pembelajaran
- Penilaian pembelajaran di SISFO/Edlink
- Kontrak Kuliah
Integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran
Deskripsi:
Integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran oleh DTPS dalam 3 tahun terakhir.
Meningkatkan Suasana Akademik
Deskrpsi:
Keterlaksanaan dan keberkalaan program dan kegiatan diluar kegiatan pembelajaran terstruktur untuk meningkatkan suasana akademik. Contoh: kegiatan himpunan mahasiswa, kuliah umum/studium generale, seminar ilmiah, bedah buku.
Dokumen:
- Laporan kegiatan kuliah umum
- Jadwal kegiatan stadium general
- Laporan seminar ilmiah
- Laporan kegiatan bedah buku
- Pedoman suasana akademik
- Jadwal kegiatan Himpunan mahasiswa
Kepuasan Mahasiswa
Deskrpsi:
Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan. Tabel 5.c LKPS B. Analisis dan tindak lanjut dari hasil pengukuran kepuasan mahasiswa.
Dokumen:
- Pedoman survei kepuasan Mahasiswa terhadap proses Pembelajaran dan Layanan yang dilakukan secara periodik dan berbasis online
- Instrumen survei kepuasan Pembelajaran dan survei Layanan
- Hasil Uji survei kepuasan Mahasiswa terhadap proses Pembelajaran dan Layanan yang dilakukan secara periodik dan berbasis online
Tidak ada komentar