Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Dorong Pengabdian Mahasiswa, Prodi SA Gagas Program GEMA-SA

Dalam rangka mendorong pengabdian mahasiswa, Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare mela...



Dalam rangka mendorong pengabdian mahasiswa, Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare melaunching program Gerakan Kembali Mengabdi Mahasiswa Sosiologi Agama (GEMA-SA). Launching GEMA-SA ini berlangsung di Ruang Seminar FUAD, lt 2 Gedung H, Parepare, Senin (22/06).

Gerakan Kembali Mengabdi Mahasiswa Sosiologi Agama merupakan program yang digagas oleh Program Studi Sosiologi Agama dalam rangka mendorong mahasiswa mengambil peran-peran sosial di masyarakat. Mahasiswa Program Studi Agama sebelumnya telah mengembangkan kegiatan Bina Sekolah, dimana HMPS melibatkan komponen mahasiswa semua angkatan memberi pendampingan belajar di salah satu sekolah daerah terpencil di Kabupaten Pinrang. 


Dalam sambutannya mengawali peluncuran Program GEMA-SA, Ketua Program Studi Sosiologi Agama Sulvinajayanti, S.Kom.,M.I.Kom menyampaikan bahwa tujuan utama mengadakan program ini dalam rangka mendorong mahasiswa mengambil peran-peran pengabdian di masyarakat. 

“Kita berharap mahasiswa Sosiologi Agama terus mengambil peran sosial di masyarakat di masa pandemi ini. Apalagi di masa ini mahasiswa hampir sebagian besar kembali ke kampung halaman, ini bisa dimanfaatkan memberikan hal-hal positif di masyarakat, sekecil apa pun itu”, jelas Sulvinajayanti.



Sementara itu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Iskandar M.Sos.I, mendukung sepenuhnya program ini. “ Inovasi-inovasi seperti ini sangat diharapkan, dosen dan mahasiswa Sosiologi Agama harus mampu memberikan pencerahan dan stimulus bagi masyarakat. Ujar Dr. Iskandar, M.Sos.I  dalam peresmian program ini.

Hadir juga Wakil Dekan II, Dr. Musyarif M.Ag. Ia memberikan apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya atas inisiatif yang dilakukan oleh Prodi Sosiologi Agama. Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Meski kita terbatas dalam hal anggaran di masa pandemi, tetapi Prodi Sosiologi Agama telah membuktikan bahwa ia tetap bisa berkegiatan. 

“Saya mengajak adik-adik mahasiswa untuk berpartisipasi dalam program ini. Ini menjadi suatu keharusan bagi mahasiswa. Saya berpesan ke mahasiswa agar betul-betul memanfaatkan ilmunya di masyarakat, tambah Dr. Musyarif.




Pada kesempatan yang sama, Mahyuddin M.A, dosen Sosiologi Agama yang juga salah satu penggagas program ini, menambahkan penjelasan pentingnya agenda ini dilaksanakan. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di masyarakat semasa pandemi ini. Mahasiswa bisa mengajar mengaji, membantu anak-anak sekolah belajar dari rumah serta aktif di komunitas dan lain sebagainya. 

Dengan program pengabdian mahasiswa ini, maka dapat dipastikan mahasiswa bisa terdorong dan berperan aktif di masyarakat. Pengabdian dosen dan mahasiswa adalah hal yang tidak terpisahkan dalam proses belajar di perguran tinggi dan tindakan rill di masyarakat yang kita harapkan bersama, tutup Mahyuddin.

Penulis/Mhy.

Tidak ada komentar