Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Sekolah Riset Mahasiswa Sosiologi Agama, Ajak Mahasiswa Praktik Langsung

  SosgamaNews----Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare mengadakan Sekolah Riset Mahasis...





 

SosgamaNews----Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare mengadakan Sekolah Riset Mahasiswa Sosiologi Agama (SRM-SA). Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini, mulai tanggal 13 sampai 14 Desember 2019 dengan mengangkat tema optimalisasi riset mahasiswa Sosiologi Agama untuk pengembangan masyarakat Islam di era 4.0.




Hadir tiga narasumber, yakni dari Universitas Hasanuddin Dr. Nuvida Raf,  dosen Sosiologi Unhas dengan materi dasar-dasar penelitian sosial, Adnan Achiruddin Saleh (Dosen IAIN Parepare) dengan materi  pengenalan dunia riset bagi mahasiswa dan Abd. Wahidin dengan materi Pengembangan masyarakat berbasis riset.

Ketua Prodi Sosiologi Agama, Sulvinajayanti mengungkapkan salah satu prospek kerja alumni Prodi Sosiologi Agama yaitu menjadi peneliti sosial. Adanya kegiatan sekolah riset ini mahasiswa diharapkan mampu memetakan masalah yang ada di masyarakat.
"Sekolah riset ini memetakan masalah yang ada di masyarakat, melakukan wawancara dan outcome dari kegiatan ini adalah penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa yang akan dipublish dalam bentuk artikel maupun buku. Kegiatan ini akan berlanjut pada metode penulisan, publikasi dan sitasi,” jelas Sulvinajayanti.



Di hari kedua, peserta yang tediri dari 20 orang ini melakukan praktik observasi lapangan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia, Mahyuddin.
“Sebanyak 20 mahasiswa Sosiologi Agama diikutkan dalam kegiatan ini mulai dari mahasiswa semester satu, tiga dan lima. Mereka mengambil lokasi di Desa Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang,” jelasnya.
Ketua Prodi Sosiologi Agama menerangkan proses penelitian yang dilaksanakan oleh mahasiswa Sosiologi Agama  sengaja menyasar kelompok-kelompok masyarakat daerah pesisir. “Kegiatan ini nantinya akan berlanjut. Kegiatan praktikum dan kunjungan lapangan adalah langkah pembelajaran awal mahasiswa. Ke depannya kita akan mengambil salah satu lokasi sebagai desa binaan prodi sosiologi agama,” tambahnya.


Tidak ada komentar