Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Postingan Populer

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Strategi Pengembangan Prodi SA, Inisiasi Sinergi Program dengan BRIN

  Dalam rangka  pengembangan Program Studi Sosiologi Agama (Prodi SA), khususnya  dalam  bidang pendidikan dan penelitian, Ketua Prodi SA Ab...

 


Dalam rangka  pengembangan Program Studi Sosiologi Agama (Prodi SA), khususnya  dalam  bidang pendidikan dan penelitian, Ketua Prodi SA Abd. Wahidin, M.Si bersama Redaktur Jurnal Sosiologi Agama “Sosiologia” Wahyddin Bakri, M.Si melakukan kunjungan di kantor Badan Riset dan Inovasi Indonesia (BRIN) beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 9 November 2022 di Parepare yang bertujuan untuk melakukan kegiatan sinergi program dengan pihak eksternal. Kantor BRIN dulunya merupakan kantor Lembaga Penerbangan dan Antaraksa Negara (LAPAN) yang menyediakan data satelit penginraan jarak  jauh berbagai resolusi untuk kebutuhan nasional.

Strategi yang digunakan dalam pengembangan Prodi SA yaitu dengan strategi kolaboratif dengan mitra atau calon pengguna lulusan sebagai upaya untuk mencapai visi dan misi yang telah dirumuskan, dimana Prodi SA merumuskan salah satu profil lulsannya sebagai “peneliti dan perencana social keagamaan”.

Kegiatan sinergi program yang dilakukan calon mitra BRIN didasarkan pada Rencana Operasional (Renop) Tahun Akademik 2023 antara lain program sekolah riset, kemitraan publikasi jurnal, Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program sekolah riset adalah program unggulan pengembangan bidang penelitian yang ada di Prodi SA yang disinergikan dengan BRIN Kota Parepare. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa secara praktis dalam penguasaan metode kuantitatif dan kualitatif, meningkatkan keterampilan mahasiswa menggunakan aplikasi pemetaan seperti ARCGIS ataupun QGIS yang sangat dibutuhkan dalam mempelajari mata kuliah sosiologi pedesaan dan perkotaan dengan kemampuan mahasiswa melakukan pemetaan masalah dan potensi suatu wilayah utamanya  daerah perdesaan, termasuk juga mata kuliah perencanaan sosial dan sosiologi pembangunan.

Kemitaan PPL dan MBKM dengan mitra BRIN yang direncanakan merupakan roadmap Prodi SA dalam mewujudkan sarjana professional di bidang penelitian dan ahli di bidang perencanaan. Kunjungan pertama ini adalah tahap awal atau persiapan membangun kemitraan  dengan BRIN dimana diperlukan surat permohonan minat bermitra dari pihak IAIN Parepare ke BRIN di Jakarta bersifat selektif di tingkat pusat dan kemudian penandatangan MoU dan Perjanjian Kerjasama. Hasil kunjungan ini telah dikoordinasikan dengan Rektor IAIN Parepare Dr. Hannani, M.Ag dan Wakil Rektor III Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag yang ditindaklanjuti dengan pengiriman surat permohonan ke pimpinan BRIN di Jakarta dan sedang menunggu proses selanjutnya. 







Tidak ada komentar