Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Perwakilan Mahasiswa SA Mengikuti Pelatihan Mengorganisasikan Masyarakat

    SA News — Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama (Prodi SA) mengikuti pelatihan Pengorganisasian Masyarakat (11-13/02/21)   di Keluraha...

 


 

SA News— Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama (Prodi SA) mengikuti pelatihan Pengorganisasian Masyarakat (11-13/02/21)  di Kelurahan Majjeling Kecamatan Maritengngae Sidrap Sulawesi Selatan. Kegiatan bertajuk Sustainable Livelihood Approach (SLA) ini dilaksanakan oleh lembaga Taman Semesta. Kegiatan ini juga melibatkan salah satu mahasiswi Prodi Sosiologi Agama, yakni Fitriani.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa di berikan beberapa materi terkait pelatihan SLA, mulai dari bagaimana mengorganisasikan masyarakat, bagaimana menjadi seorang fasilitator yang baik, sampai kepada bagaimana kita memotret lingkungan dengan menggunakan metode panggalian data PRA guna melihat modal/aset yang mana yang bisa di kembangkan di lingkungan itu dan melihat kerentanan yang ada.




Fitriani mengungkapkan bahwa sangat terkesan dalam pelatihan tersebut karena mendapat materi baru yang belum pernah di dapat sebelumnya.

“Di kegiatan ini kita di ajarkan bagaimana mengorganisasikan masyarakat, bagaimana menjadi seorang fasilitator yang baik, mengetahui apa itu SLA dan 5 aset yang terkandung di dalamnya, mengetahui aset  yang mana saja yang kuat dan melemah di suatu lingkungan dengan cara memotret dan menggali datanya dengan menggunakan metode PRA”, katanya.

Diketahui materi yang diberikan  dalam pelatihan tersebut adalah pengorganisasian masyarakat. Peserta tidak hanya di ajarkan menjadi seorang fasilitator yang baik di masyarakat, tetapi juga memahami  5 modal penghidupan seperti Alam, manusia, fisik, pendanaan, dan sosial.

Tahap pertama kegiatan ini hanya fokus membahas mengenai Analisis Sosial, dan pada tahap  kedua nanti akan fokus membahas bagaimana menggerakkan masyarakat.

“Untuk sesi pertama ini fokus membahas analisis sosial saja, nanti ada tahap kedua nya. Kalau di tahap itu akan fokus membahas bagaimana menggerakkan masyarakat”, tutup Fitriani, mahasiswa semester 4 Prodi SA.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar