Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Hikmah Dibalik Musibah Corona

Silmi Qurota Ayun, Mahasiswi Sosiologi Agama Covid-19 atau corona virus disease 2019 adalah penyakit yang hari ini memabah di man...









Silmi Qurota Ayun, Mahasiswi Sosiologi Agama

Covid-19 atau corona virus disease 2019 adalah penyakit yang hari ini memabah di mana-mana. Virus yang berasal dari kota wuhan negara Cina ini, kini menjadi musibah yang menimpa hampir seluruh dunia. Ia hampir sama dengan virus Sars dan Mers yang pernah membuat seisi jagat raya ketakutan akan bahaya penularannya yang mematikan.

Kehadiran virus Corona ini menjadi sebuah ketakutan bagi masyarakat dunia saat ini. Bagaimana tidak, virus ini dapat menular dengan begitu cepat. Hanya dengan sentuhan saja virus ini dapat membuat seseorang terjangkit. Tidak ada negara yang tidak menaruh perhatian atas begitu cepatnya penyebaran virus berbahaya ini.Sudah banyak negara yang terjangkit. Perhari ini, tanggal 23 april 2020 Negara / kawasan yang terjangkit ada 213 dan data yang terjangkit terkonfirmas ada 2.510.117 di seluruh dunia.

Namun permasalahan ini tidak sampai disitu. Virus ini tidak hanya memberikan dampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga memberikan dampak pada ekonomi, sosial hingga politik. Pasalnya berbagai negara memberlakukan lockdown. Sehingga seluruh aspek-aspek kehidupan ikut terpengaruh.

Dilansir dari kompas.com,  Negara seperti Spanyol, Perancis, Italy dan beberapa negara lainnya memberlakukan lockdown sehingga semua aktivitas masyarakat mulai dari berkerja, bersekolah,berbelanja,hingga aktivitas lain menjadi terhambat. Ini membawa konsekuensi secara sosial di kehidupan masyarakat.

Tetapi, disamping permasalahan-permasalahan tersebut ada beberapa hal yang menjadi sebuah hikmah dan anugerah untuk kita semua. Mengapa begitu? Karena bisa kita lihat sekarang, menjaga hidup sehat dan bersih menjadi prioritas utama yang perlu kita tanamkan dalam lehidupan masyarakat luas.

Tidak hanya itu, diberlakukannya sosial distancing kita menjadi lebih banyak beraktivitas di rumah sehingga membuat kita menjadi lebih banyak mengisi waktu bersama keluarga, masyarakat diberbagai kalangan juga berlomba - lomba berdonasi membantu masyarakat yang membutuhkan. Inilah solidaritas sosial kita bersama.

Kemudian, berbagi berita tetang kondisi bumi yang kian membaik akibat berkurangnya aktivitas manusia bisa kita dengar saat ini. Itu semua menjadi sebuah hal yang perlu kita syukuri dan menjadikannya sebuah pembelajaran yang besar. 

Inilah diantara hikmah atau pelajaran yang bisa kita petik dari msibah ini. Dari sana kita bisa belajar bahwa Tuhan memberikan musibah ini bukan sekedar memberikan musibah tetapi membuat kita menyadari akan pentingnya,menjaga diri sendiri dan orang lain, terlebih menjaga lingkungan. Akhirnya, mari kita bersama-sama berdoa agar terhindar dari wabah ini. Jangan lupa selalu mematuhi aturan  yang ada agar musibah ini bisa berlalu dan membuat diri kita semua kedepannya bisa beraktivitas normal lagi dan menjadi lebih baik lagi tentunya.

Selamat Melaksanakan Ibadah Puasa..
PrayFromHome

Tidak ada komentar