Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Postingan Populer

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Program Studi SA Jajal Kelurahan Bittoeng sebagai Lokasi Dampingan Laboratorium Prodi

  Hari Sabtu, tanggal 26 Juni 2021 Program Studi Sosiologi Agama (SA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Parepare menyelenggarakan k...

 


Hari Sabtu, tanggal 26 Juni 2021 Program Studi Sosiologi Agama (SA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Parepare menyelenggarakan kegiatan kampanye Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang bertemakan “Ayo bangun keluarga Ber-PHBS”. Kegiatan tersebut bertempat di Kelurahan Bittoeng Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat di masa pandemi Covid-19 sekaligus sebagai pratik lapangan mata kuliah perencanaan sosial keagamaan.

Melihat potensi dan problem sosial yang tengah dihadapi masyarakat di daerah tersebut, Ketua Program Sosiologi Agama beserta Dosen dan Tim Laboratorium Prodi Sosiologi Agama, merencanakan akan menjadikan daerah ini sebagai lokasi dampingan laboratorium Prodi Sosiologi Agama. 


 

Secara terpisah Ketua Prodi SA, Sulvinajayanti, M.I.Kom mengatakan saat ini kita tengah melakukan penjajakan desa dampingan laboratorium Prodi SA untuk melakukan pendampingan desa dalam upaya mendorong keterlibatan prodi pada kegiatan tri dharma.

“Ini upaya dari prodi dalam melaksanakan kegiatan tri darma perguruan tinggi secara khusus di bidang pengabdian kepada masyarakat” ujarnya via WhatsApp (26/06).

Ia mengungkapkan bahwa tujuan lain dari rencana tersebut ialah para dosen prodi yang selama ini terlibat dalam pemberdayaan dan pengembangan masyarakat lebih memaksimalkan lagi kontribusi mereka dalam pembangunan desa yang lebih terarah sesuai dengan program Kemendes PDTT. Diketahui saat ini pemerintah memprogramkan SDGs Desa berisi 18 poin yang merupakan pengejawantahan dari SDGs Nasional dimana targetnya adalah desa tanpa kemiskinan, kelaparan, keterlibatan perempuan, air bersih dan sanitasi, pertumbuhan ekonomi desa yang merata.

Setelah kegiatan awal yang dilaksanakan dengan melakukan survey dan kampanye PHBS, ke depan akan diadakan kerjasama dengan pemerintah kabupaten dan kemendes PDTT. Ketua Prodi SA berharap kedepannya kegiatan ini dapat berkelanjutan sebagai praktik bagi mahasiswa yang telah mendapatkan teori di kelas.

Sementara itu, Lurah Bittoeng Tahafuddin SH, dalam kesempatan ini mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi civitas akademika IAIN Parepare dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayahnya. Beliau sangat mengapreasiasi kegiatan ini dan berharap agar para dosen dan mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama tetap aktif bersinergi melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang diperlukan masyarakat (Mhy).

Tidak ada komentar